Berita

KRI Nanggala-402 Hilang di Laut Bali, Pengamat: Masih Ada Harapan

Kamis, 22 April 2021 - 16:29
KRI Nanggala-402 Hilang di Laut Bali, Pengamat: Masih Ada Harapan Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang ditumpangi 53 personel dan hilang di Perairan Bali. (FOTO: AFP)

TIMES PURWOREJO, JAKARTA – Pengamat Pertahanan dan Militer, Connie Rahakundini Bakrie memprediksi keberadaan kapal selam KRI Nanggala-402 yang ditumpangi 53 personel dan hilang di Perairan Bali, masih dalam keadaan aman.

Menurut Connie, balon emergency KRI Nanggala-402 tidak keluar. Artinya, diduga masih aman. “Karena balon emergency itu belum keluar. Ketika kapal selam itu tenggelam dan balon emergency keluar, itu artinya kapal selam pecah," ujarnya dikutip dari KOMPAS TV, Kamis (22/4/2021).

"Kita masih ada harapan, sejak tadi malam aja pergerakan kapal selam tersebut terdeteksi walaupun masih sangat lemah ya 2,5 knot,” jelasnya.

Ia menambahkan, pentingnya melakukan pembatasan pemakaian disamping Maintenance, Repair and Overhaul (MRO) pada alutsista di Tanah Air. Pasalnya kata dia, kapal selam KRI Nanggala sudah berumur 44 tahun.

“Kapal selam ini usianya sudah 44 tahun, layaknya itu cuma sampai 25 tahun, tapi dengan MRO yang baik, oke, kita mungkin masih bisa bertahan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyampaikan, cadangan oksigen di kapal selam KRI Nanggala-402, yang hilang di laut Bali hanya bisa bertahan selama 72 jam dalam kondisi black out.

"Kondisi black out mampu 72 jam, kurang lebih 3 hari. Jadi saat kemarin hilang kontak jam 3, bisa sampai hari Sabtu jam 3, sehingga 72 jam. Mudah-mudahan segera ditemukan sehingga cadangan oksigen masih ada," ujarnya soal Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang di Perairan Bali. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purworejo just now

Welcome to TIMES Purworejo

TIMES Purworejo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.