https://purworejo.times.co.id/
Ekonomi

Mayoritas Pelaku UMKM di Purworejo Berusia 40 Tahun ke Atas, Ini Tantangannya

Sabtu, 20 April 2024 - 17:14
Mayoritas Pelaku UMKM di Purworejo Berusia 40 Tahun ke Atas, Ini Tantangannya Kepala Dinas KUKMP Purworejo, Hadi Pranoto, saat meninjau salah satu stan UMKM pada event Gebyar Oleh-oleh Purworejo Never Ending Tresno. (FOTO: Hery Priyantono/TIMES Indonesia)

TIMES PURWOREJO, PURWOREJOPelaku UMKM di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah didominasi mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Fakta itu menunjukkan, di usia tersebut mereka masih produktif.

Namun sayangnya, pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo dalam  penguasaan pemasaran produk secara digital masih kurang. Sehingga para pelaku UMKM yang usianya kebanyakan 40 tahun itu dalam memasarkan produknya, masih mengandalkan cara konvensional. Kenyataan tersebut menjadi menjadi perhatian Pemkab Purworejo. 

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Pemkab Purworejo,  Rimi Ani menjelaskan, pelaku UMKM yang usianya di atas 40 tahun sebanyak 40.032 orang. Di urutan kedua adalah mereka yang berusia 18 tahun-39 tahun sejumlah 14.905 orang. Sedangkan yang berusia 17 tahun sebanyak 22 orang dari total jumlah keseluruhan pelaku UMKM di Purworejo sebanyak 54.672 orang.

"Itu data yang sudah terhimpun dari faktor usia pelaku UMKM. Sementara itu dari kategori tingkat pendidikan atau kelulusan sekolah,  terbanyak dari mereka adalah lulusan SMA/ SMK atau sederajat. Terbanyak kedua yakni mereka lulusan SLTP atau sederajat. Berikutnya pelaku UMKM yang berstatus sarjana, serta dua orang pelaku UMKM bergelar doktor," papar Rimiani, Jumat (20/4/2024) . 

UMKM tersebut, lanjut Rimi Ani, bergerak di tiga bidang, yakni jasa, perdagangan, usaha produktif serta agribisnis. Terbanyak adalah pada usaha produktif jenis makanan dan minuman. "Kebanyakan didominasi usaha produktif makanan minuman mencapai 60 persen," tambahnya. 

Dijelaskan, jumlah usaha para Pelaku UMKM di Purworejo, Jawa Tengah sesuai status yakni Perseroan Terbatas sejumlah 11, yayasan sebanyak 16, berbadan usaha CV sebanyak 29 orang,  Firma 2, NF 2, Dana Pensiun 12 dan Perorangan sebanyak 54.887. (*)

Pewarta : R Hery Priyantono
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purworejo just now

Welcome to TIMES Purworejo

TIMES Purworejo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.