Gaya Hidup

Shalat Id di Rumah Saja, Jangan Lupa Amalan Sunnah Ini

Kamis, 13 Mei 2021 - 00:32
Shalat Id di Rumah Saja, Jangan Lupa Amalan Sunnah Ini Ilustrasi - sholat Ied bersama keluarga. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES PURWOREJO, JAKARTA – Shalat Idul Fitri dikerjakan saat hari lebaran pertama di pagi hari. Jika hari-hari biasanya masyarakat melaksanakan ibadah Shalat Id di masjid, beda halnya dengan saat pandemi.

Kali ini banyak masyarakat memilih untuk mengisolasi diri atau menjaga dirinya supaya tidak terjangkit penyakit ganas seperti Covid-19 saat ini. Dengan demikian, tidak sedikit masyarakat yang tetap memilih untuk melaksanakan ibadah Shalat Id di rumah.

Akan tetapi, amalan sunnah sebelum Shalat Id tetap berlaku meskipun dikerjakan di rumah. Berikut amalan-amalan sunnah saat Shalat Id: 

1. Makan terlebih dahulu

Makan dulu sebelum melaksanakan Shalat Id merupakan sunnah. Sebuah hadits yang mengatakan bahwa Rasullullah tidak berangkat menunaikan shalat Id sampai dirinya memakan beberapa buah kurma. Oleh karenanya mengapa pada 1 syawal diharamkan pula untuk berpuasa. 

2. Mandi 

Selain makan, mandi juga disunnahkan aebelum menjalankan Shalat Id. Bahkan pada saat Idul Fitri, juga disunnahkan bagi wanita yang sedang Haid untuk mandi, namun bukan menjalankan Shalat Id. Nabi kala itu juga mandi terlebih dahulu sebelum shalat Id. 

3. Menggunakan Parfum

Menggunakan parfum dan wewangian saat shalat Id juga merupakan sunnah. Hal ini sebenarnya dapat kita cerminkan sehari-hari. Jika untuk bepergian atau bertemu seseorang, kita akan menghias diri sewangi mungkin. Begitupula ktika kita akan menghadap Allah SWT. 

4. Mengenakan pakaian terbaik dan berhias (bagi wanita) 

Hal ini juga telah ditulis kedalam sebuah hadist sebagaimana bunyinya 'Rasulullah SAW memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, memakai wangi wangian terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya' (HR Al-Hakim dalam Al-Mustadrak).

Singkatnya hal ini memiliki filosofi seakan kita telah lahir dengan jiwa yang baru. Membuka lembaran baru yang lebih baik dari hari-hari kemarin. 

Itulah sunnah-sunnah yang bisa diamalkan sebelum shalat Id. Dengan demikian, selain merasakan serunya merayakan hari kemenangan Idul Fitri, kita juga mendapat pahala dari mengamalkan sunnahnya. Amiin. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purworejo just now

Welcome to TIMES Purworejo

TIMES Purworejo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.