https://purworejo.times.co.id/
Gaya Hidup

Andien Bagikan Tips Jaga Tubuh tetap Fit selama Puasa Ramadan

Jumat, 22 Maret 2024 - 15:02
Andien Bagikan Tips Jaga Tubuh tetap Fit selama Puasa Ramadan Andien dan keluarganya. (FOTO: grid)

TIMES PURWOREJO, JAKARTA – Penyanyi Andien juga melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Meski banyak kesibukan, namun ia tetap tampil proma di segala acara. Apa rahasianya?

Bagi Andien hal terpenting saat berpuasa adalah asupan makanan, saat sahur juga berbuka, termasuk cemilan yang disantap saat malam hari. 

Andien sangat menghindari makanan yang terlalu manis saat berbuka, juga makanan yang mengandung tepung. Ia memprioriataskan makanan yang mengandung serat dan protein. 

"Jadi usahakan ketika berbuka kita makan jangan yang langsung manis-manis gitu, tapi didahului sayur- sayuran. Kemudian, makan protein baru habis itu mau makan yang manis-manis atau karbohidratnya sesudah itu," jelasnya dikutip dari kompas.

Pelantun Gemintang itu juga tidak makan gorengan. Menurutnya makanan ini memang nikmat, tapi pasti membuat berat badan naik. Selain itu terlalu banyak tepung justru akan membuat kita mengantuk. 

Selain asupan makanan, Andien juga melakukan buteyko breathing. Apa itu? Buteyko breathing adalah terapi pernapasan yang menggunakan kontrol napas dan menahan napas dengan tujuan mengobati berbagai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan hiperventilasi dan rendahnya karbondioksida. 

Andien mengaku buteyko breathing sangat membantunya selama berpuasa. "Buteyko sangat sangat membantu aku puasa. Kemudian, perbanyak bernapas dengan hidung, secara tidak sengaja kita suka mengambil napas dengan mulut. Itu yang membuat puasa kita hampir kepayahan, mudah lapar, mulut kering dan sebagainya," jelas ibu dua anak itu. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purworejo just now

Welcome to TIMES Purworejo

TIMES Purworejo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.